Wisata Kuliner Solo

haaaiiii !!! Jumpa lagi yaa 😀
Panas panas gini enaknya kita bahas kuliner, wah sedaappp. Yakk kita akan membahas kuliner khas Kota Solo. Langsung aja dehhh…

1.  Nasi Liwet

DSC_2075

Nasi Liwet atau sering disebut warga Solo dengan ‘Sego Liwet’ ini memang banyak digemari warga Solo bahkan di gandrungi warga luar kota Solo. Nasi yang ditanak bersama santan ini enak dinikmati bersama opor ayam dan sambel goreng jepan.

2. HIK

hik_wedangan_solo_angkringan_mungkopas

HIK kepanjangannya Hidangan Istimewa Kampung atau di sekitar Solo biasa disebut ‘wedangan’ oleh warga Solo adalah warung makan yang menjual berbagai makanan khas Solo seperti sego kucing (nasi bandeng), gorengan, klethikan. Dan untuk minuman biasanya teh anget, jahe anget, es jeruk dan masih banyak lagi.

3. Dawet

dawet

Minuman yang berbahan dasar air santan dicampur dengan air gula jawa yang sering dijajakan di pinggir jalan. Dawet biasanya diberi campuran cendol, sangat cocok diminum waktu siang hari yang sangat panas ataupun sangat berbuka puasa.

4. Gethuk

gethuk

Ada lagu jawa yang liriknya ‘Gethuk asale soko telo, mass’, Nahhh memang gethuk berbahan dasar telo atau singkong yang dikukus lalu diberi pewarna dan perasa makanan. Biasanya Gethuk disajikan bersama parutan kelapa.

5. Serabi

srabi

Bagi pecinta kuliner Solo, tidak asing lagi jajanan pasar satu ini yaitu Serabi. Jajajan terbuat dari tepur beras ini cocok untuk oleh oleh atau pun cemal cemil saat kumpul dengan keluarga maupun teman.

6. Wedang Rondhe

DSC_2228

Wedang ronde, merupakan minuman dengan racikan aneka bahan yang masing-masing memiliki karakteristik tersendiri. Sebut saja ada kolang-kaling, bola ketan gula jawa dan kacang gongso/sangrai. Memang minuman yang satu ini akan terasa lebih nikmat bisa disajikan saat atau usai hujan. Hangatnya kuah dengan paduan bola ketan kacang juga makin mantap di hawa sejuk atau dingin.

7. Cabuk Rambak

TaufanHap(279)

Cabuk rambak adalah makanan khas dari kota Surakarta atau Solo, Jawa Tengah. Makanan ini biasa disajikan dengan “dipincuk” dengan daun pisang. Cabuk rambak tersaji dari ketupat nasi yang diiris tipis-tipis, lalu disiram dengan saus wijen, serta ditambah beberapa potong karak ataupun rambak.

Sekian yahh info tentang kuliner khas Solo, lain kali disambung lagi. Dadaaaaahhhh 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

niceinfo #
%d bloggers like this: