Kirab Suro 2013

Selamat Tahun Baru Islam 1435 Hijriyah !!!

Tahun Baru Islam atau warga Solo sering menyebut dengan Suro di meriahkan dengan Kirab Suro seperti tahun tahun yang lalu, memang Kirab Suro sudah menjadi adat bagi warga Keraton Solo dan warga Solo sendiri. Pertanyaannya, apa yang dimaksud Kirab Suro ??

Langsung saya jawab menurut kacamata saya, hehehehe 😀
Kirab Suro adalah Kirab pusaka yang juga dikenal dengan Kirab Kebo Bule yang biasa dimulai dari jam 00:00 tepat pada malam pergantian tahun dalam kalender Jawa atau juga Islam. Lokasi pelaksanaan adalah di kompleks keraton dan juga jalur-jalur di luar tembok keraton.
994635_411038729023930_1811356445_n

Konon katanya, para pengiring kirab akan mengikuti kemana saja Kebo Bule akan berjalan sesuka hatinya. Menurut warga setempat, Kebo Bule akan membawa keburuntungan bagi pedagang pasar yang dagangannya dimakan oleh si Kebo, namun apabila ada orang menghina perbuatan si Kebo akan mendapat musibah. Percaya atau tidak itu adalah kebudayaan kita, hendaknya kita bangga mempunyai kebudayaan unik 😀

Untuk Kirab Suro malam kemarin yang di kirab adalah keturunan dari Kebo Kyai Slamet. Karena Kebo Kyai Slamet sudah meninggal dan mempunyai keturunan, maka yang di kirab adalah keturunannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

niceinfo #
%d bloggers like this: